Senin, 09 Januari 2012

Marsinggo - Makam Tan Malaka Diusulkan Dipindah ke TMP Kalibata

 

Susi Fatimah - Okezone
Senin, 9 Januari 2012
JAKARTA - Pemerintah diminta segera memindahkan kerangka Tan Malaka di pemakaman Desa Selopanggung, Kediri, Jawa Timur, ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, meski tes DNA yang dilakukan belum menemui hasil.

"Persoalan forensik belum kelar. Tapi dari segi sejarah sudah selesai. Maka makamnya harus dipindahkan ke Kalibata," kata sejarawan LIPI Asvi Marwan Adam dalam konferensi pers di Wisma Shalom, Jakarta, Senin (9/1/2012).

Sementara itu Peneliti senior Koninklijk Instituut voor Taal, Land-en Volkenkunde (KITLV) Leiden, Belanda, Harry A. Poeze yakin bahwa jasad yang ditemukan di Selopanggung merupakan jenazah Tan Malaka. Harry beralasan dirinya telah melakukan riset selama puluhan tahun hingga akhirnya menemukan makam yang diyakini sebagai makam salah satu pendiri republik ini.

"Kerangka yang diduga Tan Malaka 90 persen dimakamkan di salah satu desa kecil di Selopanggung, Kediri," kata Harry.

Namun, untuk memastikan hal itu, tim akan melanjutkan tes DNA dengan berbagai metode, setelah dilakukan pengujian dengan mengambil sampel DNA salah satu keponakan Tan Malaka, Zulfikar. Menurut Ketua Tim Identifikasi Tan Malaka, Djaja Atmadja, uji DNA dilakukan terhadap keponakan Tan Malaka, lantaran Tan tidak memiliki keturunan.

"Hasil pengujian sementara terhadap kondisi kerangka jenazah Tan Malaka, tulang belulang dalam kondisi tidak baik karena sudah berusia 60 tahun. Tim menguji dari tulang kepala dan gigi. Beliau punya gigi emas, tapi sudah tidak ada lagi," ujarnya.

Djaja berharap November 2012 mendatang DNA tersebut bisa membuktikan bahwa jasad yang ditemukan di Kediri tersebut benar jasad Tan. "Kami berharap sudah dapat hasilnya November 2012," tuturnya.

(ded)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar